Headlines News :
Home » , , » Prinsip-Prinsip Dasar Belajar Bermain Futsal Yang Benar

Prinsip-Prinsip Dasar Belajar Bermain Futsal Yang Benar

PKH FC - Terima kasih atas kunjungannya, Artikel kali ini akan membahas tentang Prinsip-Prinsip Dasar Belajar Bermain Futsal Yang Benar. Silahkan baca artikel ini bagi anda yang ingin belajar bermain futsal dengan benar. Ada Lima Prinsip Dasar yang harus dipahami dan dimengerti dalam bermain futsal, Prinsip ini harus dapat diterapkan baik saat berlatih ataupun saat Bermain Futsal. dengan menerapkan Prinsip-Prinsip ini, di jamin anda dan tim bisa bermain Futsal akan jauh lebih baik. Dari segi manfaatnya, bagi Anda sendiri yang menerapkan Prinsip-Prinsip Dasar ini dalam bermain futsal tentunya bisa meningkatkan kualitas permainan.

Untuk lebih jelasnya Berikut ini prinsip-prinsip dasar bermain futsal:

1. Speed
Kecepatan menjadi prinsip dasar paling utama dalam permainan futsal. Mengingat lapangan futsal yang kecil, tak ada ruang dan waktu bagi kita untuk berlama-lama dengan bola. Setiap pemain harus bergerak dengan cepat untuk menciptakan ruangan.


2. Fast Moves

Bergerak dengan cepat. Satu paket dengan kecepatan. Bergerak dengan cepat cenderung lebih diutamakan ketika bermain sebagai tim. Saat menciptakan ruang, pertukaran posisi tentunya harus dilakukan secepat mungkin. Tanpa cara ini, akan sanat sukar membuka ruang tembak atau setidaknya menciptakan peluang.


3. Tactics

Dalam bermain futsal, pelatih boleh sekehendak hati mengganti pemain selama pertandingan. Untuk menjaga stamina tim, kadang mengganti 1 persatu secara rotasi, atau dua sekaligus. Bahkan di beberapa tim, menciptakan dua tim dengan mengganti 4 pemain sekaligus dengan tim baru dari bangku cadangan. Jika dalam kondisi mendesak, bukan tak mungkin, penjaga gawang diganti pemain outfield alias bermain power play.


4. Formations

Inilah yang membedakan gaya permainan tiap tim futsal. Sistem 4-0 saat ini menjadi favorit dengan melihat permainan Spanyol yang luar biasa bagus. Transisi dari formasi ini bisa bervariasi. Kadang ketika mencari keseimbangan cukup menjadi 2-2 atau malah secara ekstrim menjadi 0-4.

Di Indonesia sendiri banyak yang menyukai kombinasi formasi 3-1 dengan variasi 1-2-1. Mengingat tipikal permainan kita cenderung statis dan tak mau ambil resiko. Namun pada prinsipnya, formasi akan berbuah tergantung situasi di lapangan.


5. Defending

Uniknya futsal, bertahan dijadikan patokan, alih-alih menyerang. Karena jika pertahanan telah sempurna, ketika lawan kehilangan bola, secepat kilat kita bisa berganti menyerang dengan counter attack super kilat. Cara bertahan sistem zona (zonal marking) secara perlahan mulai ditinggalkan. Sistem man-to-man marking dianggap lebih fleksibel, meski kita mampu menerapkan secara menyeluruh dalam sebuah kesatuan tim. Perhatikan cara bertahan Brasil. Pemain-pemain mereka bergerak menjaga lawan langsung ketika lawan mulai membangun serangan.

Video Teknik Strategi Counter Attack (Sumber : youtube.com)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKH Sumedang Futsal Club - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger