Headlines News :
Home » , » Perbedaan Futsal "Indoor Soccer" dan Sepak Bola

Perbedaan Futsal "Indoor Soccer" dan Sepak Bola

Futsal adalah permainan yang biasa disebut "Indoor Soccer" atau Indoor Footbal . Secara aturannya, Futsal sangat setara atau sebanding dengan peraturan dari Sepak bola biasa akan tetapi Futsal dimainkan di dalam ruangan.  Yang menjadi pembeda antara olahraga Futsal dan sebakbola adalah untuk Lemparan ke dalam , atau peraturan dilapangan yang digunakan untuk memainkan permainan futsal ini sepenuhnya tidak jauh  berbeda dari sepak bola.  

Aturan yang mengatur  dalam permainan futsal secara keseluruhan sangat mirip dengan sepak bola. Alasannya yaitu dapat kita lihat dari fakta aturan yang dibuat oleh FIFA ( International Federation of Association Football ) . FIFA itu sendiri adalah induk organisasi yang sama untuk menangani versi  olahraga yang lebih besar dari futsal  yaitu sepak bola. Perbedaan yang paling mencolok antara futsal dan sepak bola dapat dengan mudah diketahui dari jumlah pemain yang berada didalam lapangan.  Berikut ini point penting dalam olahraga futsal:

  • Jumlah pemain Futsal masing-masing Tim terdiri dari 5 orang
  • Dalam satu Tim, dari 5 orang salah satunya pemain penjaga gawang (Kiper)
  • Durasi waktu permainan futsal 40 menit dibagi menjadi dua bagian (dua babak)
  • Tim yang memiliki jumlah gol paling banyak di akhir 40 menit dinyatakan sebagai pemenang
  • Secara keseluruhan, peraturan seperti adanya pemain pengganti (cadangan), pelanggaran, kartu merah ,dan kartu kuning sama seperti sepak bola.

Tidak seperti  pada permainan sepak bola, lapangan atau arena dimana futsal ini dimainkan tidak terbuat dari rumput , Akan tetapi Biasanya terbuat dari bahan keras seperti kayu yang digunakan untuk membangun lapangan futsal ini. Secara ukuran, Panjang dari lapangan futsal ini tidak melebihi empat puluh meter dengan lebar sekitar dua puluh lima meter. Gawang adalah bagian paling penting dari sebuah lapangan futsal . Ada dua tiang gawang , satu untuk masing-masing tim . Setiap gawang berbentuk persegi panjang .  karena ini adalah olahraga indoor , maka lapangan tertutup di bagian atasnya dengan atap .

Sama seperti bagaimana klub liga yang ada di sepak bola, liga untuk klub –klub futsal juga ada untuk dipertandingkan baik tingkat dunia maupun benua. Untuk liga atau turnamen futsal tingkat benua yang paling terkenal dan sering dipertandingkan diantaranya UEFA Futsal Championship' yang diadakan di Eropa , AFC Futsal Championship di Asia dan Futsal Championship Afrika .

Artikel ini hanya sebagian kecil saja saya bahas mengenai futsal . Sebenarnya , hal itu tidak dimaksudkan untuk memberikan informasi yang komprehensif dan mendalam tentang futsal . Tetapi, artikel ini sudah cukup  mencakup pengetahuan dari dasar-dasar futsal yang akan membuat Anda ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang jenis olahraga ini.

Artikel Perbedaan Futsal "Indoor Soccer" dan Sepak Bola, semoga bisa bermanfaat dan menjadi Inspirasi bagi anda. Jangan Lupa Gabung dan "Like" di Komunitas Facebook kami.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PKH Sumedang Futsal Club - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger